BPS RI Berikan Pemkab Basel Predikat “Baik” untuk Pembangunan Statistik 2024

Jaga Kebersihan Lingkungan, PT Timah Serahkan Puluhan Tong Sampah untuk Warga Teluk Rubiah
Oktober 28, 2024

BABEL, RADARBAHTERA.COM – Pemkab Bangka Selatan (Basel) raih penghargaan atas penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Tahun 2024 dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI dengan predikat “Baik”.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Basel, Agung Rachmadi, kepada Pjs Bupati Basel, Elfin Elyas, bertepatan dengan Hari Jadi Kota Toboali pada Jumat, 25 Oktober 2024, di ruang kerja Bupati Basel.

Plt Kepala Diskominfo Basel, Yuri Siswanto mengatakan, penghargaan yang diraih tersebut berdasarkan hasil penilaian yang disampaikan oleh pihak BPS RI, dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemkab Basel 2024 sebesar 2,67 poin atau berpredikat “Baik”.

“Alhamdulillah, nilai Indeks Pembangunan Statistik Pemkab Basel tahun ini mencapai 2,67 poin atau berpredikat ‘Baik’. Capaian ini sudah sesuai target kita. Tentu saja Kita merasa bersyukur dan termotivasi atas pencapaian ini,” ujar Yuri, Senin (28/10/2024).

“Apalagi Diskominfo merupakan OPD penyelenggara urusan wajib statistik di Lingkungan Pemkab Basel, tentu ini menjadi sebuah apresiasi tersendiri bagi kami,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, kedepan peran Diskominfo sebagai walidata daerah akan terus dioptimalkan, sehingga sistem satu data Bangka Selatan yang terintegrasi dengan provinsi dan pusat segera terimplementasikan.

“Sebagaimana diketahui, Indeks Pembangunan Statistik (IPS) ini merupakan parameter kualitas penyelenggaraan kegiatan statistik di Lingkungan Pemerintah daerah. Semakin baik nilai IPS berarti semakin berkualitas pula kegiatan manajemen data statistik di suatu lembaga,” kata Yuri.

Ia menjelaskan, data merupakan instrumen pijakan dan pedoman merumuskan kebijakan kedepan. Data yang akurat, lengkap dan update akan menjadi penentu ketepatan sasaran program dan kegiatan pemerintah.

“Kita sangat yakin bahwa semakin baik kualitas manajemen data, maka semakin tepat sasaran program pemerintah kepada masyarakat. Dan Alhamdulillah, BPS memberikan penilaian tingkat manajemen data di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan sudah berada di level Baik,” pungkasnya. (Neneng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *