40 Anggota DPRD Ogan Ilir Dilantik, Bupati Panca Ucapkan Selamat

Pererat Sinergitas TNI Polri, Karo Provos Divpropam Polri Silaturahmi ke Pangdam II Sriwijaya
September 18, 2024
Pemkab Basel Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Masjid
September 18, 2024

SUMSEL, RADARBAHTERA.COM – Hari ini, Rabu, 18 September 2024, sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik.

Acara pelantikan berlangsung di ruang sidang utama gedung DPRD OI Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjungsenai, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan itu, digelar dalam sidang Paripurna Istimewa XIV DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Tahun sidang 2024 dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah, janji kepada 40 anggota DPRD Terpilih periode 2024-2029 dipimpin Wakil Ketua I DPRD OI, Wahyudi Marwan.

Terpantau, pengucapan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kayuagung Agung Nugroho SH MH. Untuk diketahui, dari total 40 anggota dewan dilantik tersebut, didominasi wajah baru yaitu 22 orang, 18 orang lainnya wajah lama.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Mendagri RI antara lain mengatakan mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD OI yang dilantik hari ini.

Lanjutnya, pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota mempunyai anggota dewan yang dipilih. Meletakkan DPRD sebagai mitra, mitra sejajar dengan kepala Daerah. DPRD dalam menjalankan tugas diawasi oleh penegak hukum, KPK, BPKP, dan badan hukum lainnya.

Dalam fungsi anggaran, DPRD merupakan perpanjangan dapat mengalokasikan dana benar benar mencerminkan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
DPRD sebagai mitra pemerintah daerah, dalam penyelanggaraan pemerintahan, sehingga dapat mewujudkan pembangunan daerah.

Suksesnya pemilu 2024 merupakan tanggung jawab bersama, DPRD dapat memberikan dukungan tentang pengawasan pelaksanaan pemilu 2024.

Diakhir sambutannya Bupati Panca mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 dan ucapan selamat kepada anggota DPRD OI periode 2024-2029 terpilih.

Pelantikan ke 40 anggota DPRD periode 2024-2029 ini, selain dihadiri langsung Bupati OI Panca Wijaya Akbar, juga hadir Sekda H. Muhsin Abdullah, ketua tim penggerak PKK Kabupaten OI, Ketua Dharma wanita OI, Forkopimda, anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, seluruh kepala OPD Pemkab OI, seluruh Camat dalam Kabupaten OI, keluarga besar dari anggota yang dilantik dan juga tampak hadir satu satunya anggota DPRD OI masa Bhakti 2019-2024 yang tidak terpilih lagi dari Partai PKS, H. Husnul Anam.

Adapun ke 40 anggota DPRD OI yang dilantik hari ini terdiri dari 22 anggota DPRD OI merupakan wajahbaru dan 18anggota masih wajah lama yang merupakan perwakilan dari Partai Gerindra 12 orang, Partai PDI Perjuangan 6 orang, Partai Nasdem 5 orang, PKS 4 orang, PPP 3 orang, Demokrat 3 orang, Kebangkitan Bangsa 2 orang, PAN 2 orang, Hanura 2 orang dan Partai Golkar 1 orang.

Adapun secara rinci dari Dapil 1, Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara dan Indralaya Selatan, 10 orang.

Dapil 2 Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat dan Pemulutan Selatan, 7 orang.

Dapil 3, Kecamatan Tanjungraja, Sungaipinang, Rantaupanjang, Rantaualai, Kandis, 10 orang.

Dapil 4, Kecamatan Lubukkeliat, Muarakuang, Rambangkuang, 6 orang.

Dapil 5 Kecamatan Tanjungbatu dan Payaraman, 7 orang. (*/Tum) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *